Komunikasi Visual: Memahami Bahasa Tanpa Kata

Tulisan ini terinspirasi dari percakapan menarik bareng teman-teman, which is adik-adik di kelas komunikasi yang membahas mengenai mata kuliah Komunikasi Visual. Coba menuangkan dalam tulisan, sedikit saja...


Komunikasi adalah inti dari segala interaksi manusia. Namun, tidak semua komunikasi memerlukan kata-kata. Komunikasi visual adalah bentuk komunikasi yang menggunakan gambar, simbol, dan desain untuk menyampaikan pesan. Lebih dari sekadar estetika, komunikasi visual adalah bahasa universal yang dapat dipahami oleh semua orang, tidak terbatas oleh batasan bahasa verbal.


Komunikasi Visual? Apa itu?


Menurut Michael kroeger, visual communication adalah latihan teori dan konsep melalui visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis, dan penjajaran (juxtaposition). Komunikasi visual mengkombinasikan seni, lambang, tipografi, gambar, desain grafis, ilustrasi, dan warna dalam penyampaiannya.


Dalam buku DEKAVE karya Mas Sumbo Tinarbuko (2015) Desain komunikasi visual adalah ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan daya kreatif, yang diaplikasikan dalam berbagai media komunikasi visual dengan mengolah elemen desain grafis terdiri dari gambar (ilustrasi), huruf, warna, komposisi dan layout.


Secara sederhana, komunikasi visual adalah proses penyampaian pesan atau informasi menggunakan elemen-elemen visual seperti gambar, grafik, warna, desain dan video. Ini adalah bentuk komunikasi yang memanfaatkan persepsi visual untuk membangun pemahaman dan menyampaikan pesan secara efektif.


Elemen-elemen Komunikasi Visual

  • Gambar dan Grafik

Gambar dan grafik memiliki kekuatan untuk menyampaikan informasi secara langsung dan cepat serta dengan cara yang mudah dimengerti.

  • Warna

Warna memiliki kekuatan emosional dan dapat digunakan untuk menarik perhatian, memicu perasaan tertentu, atau mengkomunikasikan makna tertentu.

  • Tipografi

Jenis huruf, ukuran, dan tata letak teks dapat memberikan nuansa dan memengaruhi cara pesan disampaikan dan diterima.

  • Desain Grafis

Tata letak, ruang negatif, dan elemen-elemen desain lainnya memainkan peran penting dalam menentukan bagaimana pesan disampaikan dan dipahami.


Fungsi Komunikasi Visual

  • Menyampaikan Informasi

Komunikasi visual dapat digunakan untuk menyampaikan informasi secara jelas dan singkat, memungkinkan target khalayak untuk dengan cepat memahami pesan yang disampaikan.

  • Memperkuat Identitas dan Merek

Desain visual yang konsisten dapat membantu memperkuat identitas merek dan membuat merek lebih mudah dikenali oleh audiens.

  • Mengarahkan Perilaku 

Komunikasi visual dapat digunakan untuk mengarahkan perilaku, misalnya dengan menyediakan panduan visual tentang cara menggunakan produk atau melakukan tindakan tertentu.


Contoh Bentuk Komunikasi Visual

  • Fotografi

Bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar statis untuk menyampaikan pesan, cerita, atau emosi kepada penonton. Dalam fotografi, elemen-elemen visual seperti komposisi, pencahayaan, warna, dan subjek menjadi sangat penting dalam mengkomunikasikan pesan.

  • Poster Kampanye

Poster kampanye sering menggunakan gambar dan teks untuk menyampaikan pesan secara langsung dan memotivasi audiens untuk bertindak.

  • Infografik

Infografik adalah representasi visual dari informasi atau data yang kompleks, disajikan dalam bentuk yang mudah dimengerti dan menarik.

  • Logo dan Identitas Merek

Logo dan identitas merek adalah contoh komunikasi visual yang digunakan untuk memperkuat identitas merek dan membuat merek lebih mudah dikenali.


Lantas, bagaimana bentuk Video? Apakah juga termasuk dalam Komunikasi Visual?


Masih dalam bukunya DEKAVE karya Mas Sumbo Tinarbuko (2015), perkembangan zaman pada setiap masanya tentu selalu mengalami perubahan. Salah satunya yakni pembuatan konten video yang termasuk dalam Desain Multimedia Interaktif. 


Ini dipelajari dalam konteks tampilan dan pelengkap desain yang cakupan wilayah kreatifnya ialah meliputi animasi 3D, motion graphic, hingga video klip. 


Dalam video, elemen-elemen visual seperti gambar, warna, tata letak, dan desain grafis dapat digunakan untuk memperkuat pesan yang disampaikan. Video juga dapat memanfaatkan elemen audio seperti suara, musik, dan efek suara.


Sedangkan, motion graphic, ialah bentuk komunikasi visual yang menggunakan animasi dan grafis bergerak untuk menyampaikan pesan atau informasi. 


Kesimpulan

Komunikasi visual adalah bahasa universal yang memanfaatkan elemen-elemen visual untuk menyampaikan pesan secara efektif tanpa menggunakan kata-kata. Dengan memahami elemen-elemen dan fungsi komunikasi visual, kita dapat menciptakan desain yang kuat dan mempengaruhi dalam menyampaikan pesan dan memengaruhi perilaku khalayak.

Postingan populer dari blog ini

Melihat Kebaikan

Tumbuhkan Kreatifitas, Mahasiswa Dilatih Menulis dan Desain Grafis