Analisa Program Kerja PR : Pendekatan PR PT. Indosat Tbk dalam Mengelola Media Relations




Media relations merupakan kegiatan yang sangat penting untuk mempertahankan eksistensi perusahaan, karena citra positif perusahaan dapat memengaruhi publik untuk tetap menggunakan produk dari perusahaan tersebut dan tidak beralih ke produk lain. Sehingga, memiliki hubungan yang baik dengan perusahaan media merupakan hal yang sangat fundamental dalam mempertahankan kredibilitas perusahaan di mata publiknya. Hal ini “memaksa” setiap humas perusahaan untuk memiliki strategi-strategi media relations untuk membentuk hubungan baik dengan media, baik secara institusi ataupun individu.  Public relations PT. Indosat menilai media relations sebagai salah satu fungsi di perusahaan yang bertugas mengkomunikasikan pesan-pesan perusahaan kepada media. Karena dalam kegiatannya, media relations tidak lepas dengan adanya media sebagai pihak yang harus dimaintance secara terus menerus. Selain itu media relations juga bertugas menciptakan suatu networking positif dan memanfaatkan hubungan yang telah terbina secara optimal untuk kepentingan management image perusahaan. Networking positif yang dimaksud adalah selalu berusaha menjaga hubungan dengan pihak media baik itu wartawan sampai pada level redaktur. Hal ini bertujuan agar menciptakan interaksi yang berkesinambungan sehinggakomunikasi yang tercipta dapat berlangsung secara efektif serta menimbulkan trust antara Public relations dengan wartawan sebagai wakil dari media.
PT. Indosat merupakan perusahaan bisnis yang memiliki publik yang tersebar luas di berbagai wilayah di Indonesia. Karena itu media mempunyai fungsi dalam menyebarkan informasi dan menjangkau publik tersebut. Untuk itu, terdapat fungsi media relations yang secara khusus membina hubungan baik dengan media. Hubungan ini senantiasa terjalin tidak hanya semata-mata dalam lingkup antar organisasi saja, tetapi selalu berupaya untuk membuat program-program khusus yang mengikutsertakan wartawan secara individu dengan tujuan mengenal lebih jauh sosok wartawan tersebut. Pada fungsi media relations PT. Indosat memiliki agenda kegiatan yang memang diperuntukkan bagi para wartawan. Kegiatan yang dilakukan antara lain: press conference, press interview, media visit, press gathering dan workshop. Selain itu, terdapat pendekatan secara informal yaitu sesekali mengadakan jamuan makan bersama yang bisa diarrange atas inisiatif Public relations sendiri, melakukan percakapan ringan via handphone, melakukan media entertainment seperti nonton bareng, mengirimkan ucapan ulang tahun secara pribadi langsung kepada wartawan. Kegiatan diatas merupakan upaya pendekatan secara langsung kepada wartawan. Dengan demikian pendekatan yang dilakukan Public relations bisa bersifat formal maupun informal. yang bertujuan agar memudahkan Public relations dalam melakukan publikasi kepada media massa.

Sumber : https://indosatooredoo.com/id/about-indosat/corporate-profile/press-release

Hasil Analisa :
Setelah melihat  dari studi kasus yang ada mengenai kegiatan media relations PT. Indosat, diperoleh gambaran tentang media relations pada prakteknya. 
Public relations harus bisa bersikap fleksibel ketika wartawan butuh informasi, dengan segera Public relations mencari informasi yang dibutuhkan. Dengan demikian terjalin kerjasama yang positif antara Public relations dengan wartawan begitu pula sebaliknya. Dengan adanya peliputan di media maka akan dengan mudah menginfluence khalayak, yang secara otomatis brand image yang selama ini terbentuk akan makin menguat..
Hal diatas sesuai dengan salah satu point Ruslan (2006: 170) yang menyebutkan : pelayanan informasi atau berita (news service) adalah pelayanan sebaik-baiknya yang diberikan oleh pihak public relations kepada pihak pers / reporter dalam bentuk pemberian informasi, publikasi dan berita baik tertulis, tercetak (press release, news letter, photopress), maupun yang terekam (video release, cassets recorded,slide film).
Adapun Divisi Media relations dalam humas PT Indosat melakukan kegiatan dan tanggung jawab sebagai berikut;
1.        Mengadakan kegiatan-kegiatan publisitas (Media Visit, Media Briefing dan Redaktur Meeting, Press Tour, Plan Visit, Press Conference dan Talk Show). Dalam hal ini pemeliharaan database media penting dilakukan agar nantinya jika megadakan kegiatan tersebut media relations melihat list data mengenai media yang akan diikusertakan. Hal ini harus dilakukan agar semua media dapat berkesempatan melakukan semua kegiatan tersebut.
2.        Pelaksanaan media visit, yakni kegiatan kunjungan public relations Indosat khususnya media relations ke beberapa kantor media dengan tujuan mengenal situasi kerja wartawan, editor sampai dengan redaktur media. Biasanya dilakukan minimal 1 tahun sekali.
3.        Pelaksanaan media trip, kegiatan ini disebut perjalanan dinas wartawan ke berbagai kantor Indosat. Dalam pelaksanaanya seluruh akomodasi ditanggung oleh perusahaan. Kegiatan ini akan sangat berperan penting sekali apabila terdapat pembukaan gallery baru Indosat di daerah sehingga keberadaannya dapat diliput media dan dapat dipublikasikan ke masyarakat
4.        Pelaksanaan media entertaiment, merupakan kegiatan yang bersifat hiburan dan tetap bertujuan menjalin kemitraan yang baik. Bisa berupa nonton bareng, pelaksanaan buka puasa bersama dengan wartawan dll.
5.        Menjalin dan memperluas hubungan kemitraan dengan pihak media, mulai dari level wartawan sampai pimpinan redaksi. Jadi hubungan yang terjalin tidak hanya kepada tataran direksi media tetapi dengan wartawan pun seorang public relations harus tetap memiliki kemitraan yang baik. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah seperti melakukan press gathering bagi wartawan yang bersifat edukasi kepada wartawan tentang perusahaan dan terdapat unsur hiburan dalam kegiatan tersebut. Tujuan press gathering adalah untuk lebih mempererat jalinan partnership antara perusahaan khususnya public relations dengan media. Dengan demikian kemampuan personal approach yang baik harus dimiliki oleh setiap media relations officer.
6.        Media share yakni seberapa banyak Indosat share ke media dibanding kompetitor. Kegiatan ini bertujuan untuk memonitoring media dan melakukan pengamatan tentang segala pemberitaan tentang PT. Indosat di media massa. Dalam prakteknya segala pemberitaan Indosat dan kompetitor dapat diakses melalui www.mediatrac.com. Setelah itu melakukan daily summary yang merupakan ringkasan berita dalam bentuk Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sesuai pemberitaan tentang Indosat tadi.
7.        Menangani surat pembaca yang terdapat di media. Hal pertama yang dilakukan adalah melihat content/isi dari surat pembaca tersebut. Apabila keluhan pelanggan dikarenakan pelayanan yang kurang baik maka media relations melakukan kordinasi ke bagian customer service. Tetapi tetap saja yang melakukan konfirmasi melalui media adalah media relations.
8.        Membuat publikasi korporat, antara lain membuat iklan peduli. Tidak hanya program komersial yang dipublikasikan ke masyarakat. Perusahaan juga ikut peduli terhadap keadaan masyarakat yang membutuhkan.
9.        Menganalisa dan membuat laporan tentang seluruh publisitas korporat. Terdapat proses pertanggungjawaban atas segala kegiatan yang telah dilakukan. Dalam laporannya akan dilihat apakah kegiatan yang dilakukan telah mencapai target perusahaan.
10.    Bertanggung jawab atas seluruh penerbitan korporat, mulai dari perencanaan, pengawasan dan evaluasi, distribusi, pendanaan, serta penunjukan rekanan dan media.

Dalam konteks industri telekomunikasi keberadaan fungsi media relations adalah menjembatani antara perusahaan dengan jurnalis. Disini ia bertugas untuk selalu membantu memberikan update informasi yang dibutuhkan wartawan sebagai orang yang sangat membantu perusahaan untuk melakukan publikasi ke khalayak. Terdapat banyak faktor yang menjadikan media relations sangat penting, yaitu memudahkan jurnalis dalam mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai issue yang tengah dihadapi perusahaan Hal ini dilakukan agar tidak terjadinya kesimpangsiuran berita yang berkembang di kalangan media dan khalayak luas, disamping itu mahalnya biaya iklan, dengan adanya media relations yang baik dapat menekan cost perusahaan dalam melakukan publikasi kepada khalayak.
Tentunya tidak mudah bagi seorang Public relations utuk selalu merespons segala sesuatu yang dibutuhkan wartawan. Hal ini harus didukung oleh skill yang baik dalam menangani perbedaan karakteristik dari berbagai media. Dengan adanya perbedaan ini, Public relations harus mampu menklasifikasikan minat yang nantinya akan memudahkan dalam menentukan treatment yang tepat. Berbagai pendekatan yang dilakukan oleh Public relations PT. Indosat bertujuan agar dalam setiap pemberitaan yang ada di media massa dapat diliput secara jujur, akurat, dan berimbang. Dengan demikian, kemampuan personal approach yang baik harus dimiliki oleh Public relations. Berdasarkan uraian tersebut, pendekatan yang dilakukan dapat secara formal maupun informal. Masing-masing pendekatan tersebut memiliki perbedaan dalam memperlakukan wartawan. Hal itu menyebabkan setiap perusahaan memiliki style yang berbeda dalam melakukan pendekatan terhadap wartawan secra personal.
Pentingnya pendekatan dengan wartawan sangat diperlukan dalam mendukung kegiatan media relations. Bahwa membina hubungan dengan wartawan secara personal akan membuat wartawan lebih dihargai dan hal ini merupakan salah satu upaya untuk mencapai keberhasilan program Public relations di PT. Indosat.

Postingan populer dari blog ini

Melihat Kebaikan

Komunikasi Visual: Memahami Bahasa Tanpa Kata

Tumbuhkan Kreatifitas, Mahasiswa Dilatih Menulis dan Desain Grafis