Analisa Program Kerja PR : Pendekatan PR PT. Indosat Tbk dalam Mengelola Media Relations
Media
relations merupakan kegiatan yang sangat penting untuk mempertahankan
eksistensi perusahaan, karena citra positif perusahaan dapat memengaruhi publik
untuk tetap menggunakan produk dari perusahaan tersebut dan tidak beralih ke
produk lain. Sehingga, memiliki hubungan yang baik dengan perusahaan media
merupakan hal yang sangat fundamental dalam mempertahankan kredibilitas perusahaan
di mata publiknya. Hal ini “memaksa” setiap humas perusahaan untuk memiliki
strategi-strategi media relations
untuk membentuk hubungan baik dengan media, baik secara institusi ataupun
individu. Public relations PT.
Indosat menilai media relations
sebagai salah satu fungsi di perusahaan yang bertugas mengkomunikasikan
pesan-pesan perusahaan kepada media. Karena dalam kegiatannya, media
relations tidak lepas dengan adanya media sebagai pihak yang harus dimaintance secara
terus menerus. Selain itu media relations
juga bertugas menciptakan suatu networking positif dan
memanfaatkan hubungan yang telah terbina secara optimal untuk kepentingan management
image perusahaan. Networking positif yang dimaksud
adalah selalu berusaha menjaga hubungan dengan pihak media baik itu wartawan
sampai pada level redaktur. Hal ini bertujuan agar menciptakan interaksi yang
berkesinambungan sehinggakomunikasi yang tercipta dapat berlangsung secara
efektif serta menimbulkan trust antara Public
relations dengan wartawan sebagai wakil dari media.
PT. Indosat merupakan
perusahaan bisnis yang memiliki publik yang tersebar luas di berbagai wilayah
di Indonesia. Karena itu media mempunyai fungsi dalam menyebarkan informasi dan
menjangkau publik tersebut. Untuk itu, terdapat fungsi media relations yang
secara khusus membina hubungan baik dengan media. Hubungan ini senantiasa
terjalin tidak hanya semata-mata dalam lingkup antar organisasi saja, tetapi
selalu berupaya untuk membuat program-program khusus yang mengikutsertakan
wartawan secara individu dengan tujuan mengenal lebih jauh sosok wartawan
tersebut. Pada fungsi media relations PT. Indosat memiliki
agenda kegiatan yang memang diperuntukkan bagi para wartawan. Kegiatan yang
dilakukan antara lain: press conference, press interview, media visit,
press gathering dan workshop. Selain itu, terdapat
pendekatan secara informal yaitu sesekali mengadakan jamuan makan bersama yang
bisa diarrange atas inisiatif Public relations sendiri,
melakukan percakapan ringan via handphone, melakukan media
entertainment seperti nonton bareng, mengirimkan ucapan ulang tahun
secara pribadi langsung kepada wartawan. Kegiatan diatas merupakan upaya
pendekatan secara langsung kepada wartawan. Dengan demikian pendekatan yang
dilakukan Public relations bisa bersifat formal maupun
informal. yang bertujuan agar memudahkan Public relations dalam
melakukan publikasi kepada media massa.
Sumber :
https://indosatooredoo.com/id/about-indosat/corporate-profile/press-release
Hasil Analisa :
Setelah melihat dari studi kasus yang ada mengenai
kegiatan media relations PT. Indosat, diperoleh gambaran
tentang media relations pada prakteknya.
Public relations harus bisa
bersikap fleksibel ketika wartawan butuh informasi, dengan segera Public
relations mencari informasi yang dibutuhkan. Dengan demikian terjalin
kerjasama yang positif antara Public relations dengan
wartawan begitu pula sebaliknya. Dengan adanya peliputan di media maka akan
dengan mudah menginfluence khalayak, yang secara otomatis brand
image yang selama ini terbentuk akan makin menguat..
Hal diatas sesuai dengan salah satu point
Ruslan (2006: 170) yang menyebutkan : pelayanan informasi atau berita (news
service) adalah pelayanan sebaik-baiknya yang diberikan oleh pihak public relations kepada pihak pers /
reporter dalam bentuk pemberian informasi, publikasi dan berita baik tertulis,
tercetak (press release, news letter, photopress), maupun yang terekam
(video release, cassets recorded,slide film).
Adapun Divisi Media
relations dalam humas PT Indosat melakukan kegiatan dan tanggung jawab
sebagai berikut;
1.
Mengadakan
kegiatan-kegiatan publisitas (Media Visit, Media Briefing dan Redaktur
Meeting, Press Tour, Plan Visit, Press Conference dan Talk
Show). Dalam hal ini pemeliharaan database media penting dilakukan agar
nantinya jika megadakan kegiatan tersebut media
relations melihat list data mengenai media yang akan diikusertakan. Hal ini
harus dilakukan agar semua media dapat berkesempatan melakukan semua kegiatan
tersebut.
2.
Pelaksanaan media
visit, yakni kegiatan kunjungan public
relations Indosat khususnya media relations ke beberapa
kantor media dengan tujuan mengenal situasi kerja wartawan, editor sampai
dengan redaktur media. Biasanya dilakukan minimal 1 tahun sekali.
3.
Pelaksanaan media
trip, kegiatan ini disebut perjalanan dinas wartawan ke berbagai kantor
Indosat. Dalam pelaksanaanya seluruh akomodasi ditanggung oleh perusahaan.
Kegiatan ini akan sangat berperan penting sekali apabila terdapat pembukaan gallery baru Indosat di daerah sehingga
keberadaannya dapat diliput media dan dapat dipublikasikan ke masyarakat
4.
Pelaksanaan media
entertaiment, merupakan kegiatan yang bersifat hiburan dan tetap bertujuan
menjalin kemitraan yang baik. Bisa berupa nonton bareng, pelaksanaan buka puasa
bersama dengan wartawan dll.
5.
Menjalin
dan memperluas hubungan kemitraan dengan pihak media, mulai dari level wartawan
sampai pimpinan redaksi. Jadi hubungan yang terjalin tidak hanya kepada tataran
direksi media tetapi dengan wartawan pun seorang public relations harus tetap memiliki kemitraan yang baik. Salah
satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah seperti melakukan press
gathering bagi wartawan yang bersifat edukasi kepada wartawan tentang
perusahaan dan terdapat unsur hiburan dalam kegiatan tersebut. Tujuan press
gathering adalah untuk lebih mempererat jalinan partnership antara
perusahaan khususnya public relations
dengan media. Dengan demikian kemampuan personal approach yang
baik harus dimiliki oleh setiap media
relations officer.
6.
Media share yakni seberapa banyak Indosat share ke media dibanding kompetitor.
Kegiatan ini bertujuan untuk memonitoring media dan melakukan pengamatan
tentang segala pemberitaan tentang PT. Indosat di media massa. Dalam prakteknya
segala pemberitaan Indosat dan kompetitor dapat diakses melalui www.mediatrac.com. Setelah itu melakukan daily
summary yang merupakan ringkasan berita dalam bentuk Bahasa Indonesia
dan Bahasa Inggris sesuai pemberitaan tentang Indosat tadi.
7.
Menangani
surat pembaca yang terdapat di media. Hal pertama yang dilakukan adalah melihat
content/isi dari surat pembaca tersebut. Apabila keluhan pelanggan dikarenakan
pelayanan yang kurang baik maka media
relations melakukan kordinasi ke bagian customer
service. Tetapi tetap saja yang melakukan konfirmasi melalui media adalah media relations.
8.
Membuat
publikasi korporat, antara lain membuat iklan peduli. Tidak hanya program
komersial yang dipublikasikan ke masyarakat. Perusahaan juga ikut peduli
terhadap keadaan masyarakat yang membutuhkan.
9.
Menganalisa
dan membuat laporan tentang seluruh publisitas korporat. Terdapat proses
pertanggungjawaban atas segala kegiatan yang telah dilakukan. Dalam laporannya
akan dilihat apakah kegiatan yang dilakukan telah mencapai target perusahaan.
10. Bertanggung jawab atas seluruh
penerbitan korporat, mulai dari perencanaan, pengawasan dan evaluasi,
distribusi, pendanaan, serta penunjukan rekanan dan media.
Dalam konteks industri telekomunikasi
keberadaan fungsi media relations adalah menjembatani antara
perusahaan dengan jurnalis. Disini ia bertugas untuk selalu membantu memberikan
update informasi yang dibutuhkan wartawan sebagai orang yang sangat membantu
perusahaan untuk melakukan publikasi ke khalayak. Terdapat banyak faktor yang
menjadikan media relations sangat penting, yaitu memudahkan
jurnalis dalam mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai issue yang
tengah dihadapi perusahaan Hal ini dilakukan agar tidak terjadinya
kesimpangsiuran berita yang berkembang di kalangan media dan khalayak luas,
disamping itu mahalnya biaya iklan, dengan adanya media relations yang
baik dapat menekan cost perusahaan dalam melakukan publikasi
kepada khalayak.
Tentunya tidak mudah bagi seorang Public
relations utuk selalu merespons segala sesuatu yang dibutuhkan
wartawan. Hal ini harus didukung oleh skill yang baik dalam menangani perbedaan
karakteristik dari berbagai media. Dengan adanya perbedaan ini, Public
relations harus mampu menklasifikasikan minat yang nantinya akan
memudahkan dalam menentukan treatment yang tepat. Berbagai
pendekatan yang dilakukan oleh Public relations PT. Indosat
bertujuan agar dalam setiap pemberitaan yang ada di media massa dapat diliput
secara jujur, akurat, dan berimbang. Dengan demikian, kemampuan personal
approach yang baik harus dimiliki oleh Public relations.
Berdasarkan uraian tersebut, pendekatan yang dilakukan dapat secara formal
maupun informal. Masing-masing pendekatan tersebut memiliki perbedaan dalam
memperlakukan wartawan. Hal itu menyebabkan setiap perusahaan memiliki style yang
berbeda dalam melakukan pendekatan terhadap wartawan secra personal.
Pentingnya pendekatan dengan wartawan sangat
diperlukan dalam mendukung kegiatan media relations. Bahwa
membina hubungan dengan wartawan secara personal akan membuat wartawan lebih
dihargai dan hal ini merupakan salah satu upaya untuk mencapai keberhasilan
program Public relations di PT. Indosat.