Peran CSR dalam Membangun Reputasi Perusahaan, Pentingkah?
Corporate Social Responsibility
(CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan merupakan sebuah komitmen perusahaan
dengan para pemangku kepentingan (stakeholder) melalui pendekatan dimana
perusahaan mengintegrasikan kepedulian sosial dalam operasi bisnis mereka guna
pembangunan berkelanjutan. Kepedulian perusahaan tersebut berkaitan dengan
kepentingan pihak-pihak lain secara lebih luas daripada sekedar terhadap
kepentingan perusahaan belaka.
Kegiatan CSR itu sendiri memiliki landasan hukum yang tegas dalam perundang-undangan, juga dari beberapa peraturan-peraturan yang mewajibkan perusahaan ikut serta membangun masyarakat melalui kesadaran perusahaan dalam melaksanakan Corporate Social Responsibility.
Kegiatan CSR itu sendiri memiliki landasan hukum yang tegas dalam perundang-undangan, juga dari beberapa peraturan-peraturan yang mewajibkan perusahaan ikut serta membangun masyarakat melalui kesadaran perusahaan dalam melaksanakan Corporate Social Responsibility.
Pada dasarnya, secara tidak langsung kegiatan CSR akan berdampak baik bagi perusahaan karena perusahaan mendapatkan simpati dari para stakeholder terhadap apa yang dilakukan sehingga munculnya brand image atau citra yang positif dalam membangun reputasi perusahaan demi keberlangsungan perusahaan secara jangka panjang.
Perusahaan atau para pelaku
bisnis tidak boleh dalam menjalankan aktifitasnya hanya mengukur dari
berdasarkan faktor keuangan, tetapi juga harus berdasarkan konsekuensi sosial
dan lingkungan. Tanggung jawab sosial dengan berbagai aktifitas turunannya
jangan hanya dipandang sebagai biaya yang harus ditanggung oleh perusahaan,
tetapi juga harus adanya kesadaran bagi perusahaan dalam melaksanakan kegiatan
CSR, bukan hanya sebagai kewajiban karena peraturan atau perundang-undangan
yang harus dijalankan.
Perusahaan alangkah baiknya memasukkan agenda CSR kedalam ranah aktifitas perusahaannya sesuai visi dan misi untuk selain mendapat keuntungan tetapi juga ikut serta memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, khususnya masyarakat yang berada di lingkungan perusahaan. CSR dalam fungsi dan peranannya memiliki kekuatan dan pengaruh yang besar dalam membangun reputasi perusahaan. Maka dari itu, hendaklah sebuah perusahaan atau dalam hal ini para pelaku bisnis harus lebih memperhatikan kegiatan tanggung jawab sosialnya.
DAFTAR PUSTAKA
Perusahaan alangkah baiknya memasukkan agenda CSR kedalam ranah aktifitas perusahaannya sesuai visi dan misi untuk selain mendapat keuntungan tetapi juga ikut serta memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, khususnya masyarakat yang berada di lingkungan perusahaan. CSR dalam fungsi dan peranannya memiliki kekuatan dan pengaruh yang besar dalam membangun reputasi perusahaan. Maka dari itu, hendaklah sebuah perusahaan atau dalam hal ini para pelaku bisnis harus lebih memperhatikan kegiatan tanggung jawab sosialnya.
DAFTAR PUSTAKA
Kasali, Rhenald. 2005. Manajemen Public Relations. Jakarta.
Ghalia Indonesia.
Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility. Graha Ilmu.
http://ditjenpp.kemenkumham.go.id/hukum-bisnis/84-tanggung-jawab-sosial-perusahaan-corporate-social-responsibility-dan-iklim-penanaman-modal.html
Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility. Graha Ilmu.
http://ditjenpp.kemenkumham.go.id/hukum-bisnis/84-tanggung-jawab-sosial-perusahaan-corporate-social-responsibility-dan-iklim-penanaman-modal.html