Rangkum Jurnal, Tugas Mata Kuliah Desain dan Komunikasi Grafis
Tugas Merangkum Jurnal
Mata Kuliah : Desain dan Komunikasi Grafis
Semester V
“PERANCANGAN MEDIA PROMOSI
CHESTNUT MERK “JUST CHESTNUT” DI
SURABAYA”
Oleh : Christiansyah Lawanto, Petrus Gogor Bangsa,
Aniendya Christianna
Kacang Chestnut atau Kacang Kastanya ini merupakan tanaman yang banyak
tumbuh secara liar di hutan-hutan. Chestnut pada dasarnya mengandung vitamin C,
asam folat, lemak tak jenuh tunggal, mineral dan vitamin B-kompleks, dan tentu
juga memiliki kalori lebih rendah dibandingkan dengan kacang-kacangan lainnya
sehingga dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti mencegah sakit
jantung, mencegah kanker, mencegah osteoporosis, dan baik untuk ginjal.
Salah satu yang menjual Chestnut atau Kacang Kastanya ini adalah “Just
Chestnut”, ini sudah berdiri sejak tahun 2014 yang dikelola oleh seorang pengusaha
Ibu Rini Ariani, di Surabaya terdapat beberapa gerai “Just Chestnut” antara
lain di Pasar Atom, Pasar Atom Mall, dan Pakuwon Trade Center. Namun, dilihat
dari turunnya volume penjualan serta tidak tercapainya target penjualan yang
ditetapkan oleh perusahaan dan juga mulai tutupnya beberapa gerai, “Just Chestnut” ini mengalami penurunan dalam
memasarkan produknya pada beberapa tahun terakhir. Permasalahannya adalah terletak
pada tidak efektifnya media promosi yang digunakan, khususnya masyarakat
Surabaya sendiri pun sedikit yang mengetahui tentang chestnut merk “Just
Chestnut” ini. Oleh karena itu, dibutuhkan media promosi dalam konsep baru yang
dapat memberikan edukasi yang kemudian menumbuhkan minat terhadap para target audience. Adapun konsep promosi baru
yang diusung ini yaitu “Healthy Food, Healthy Life”. Sangat diperlukan media
pendukung promosi dari konsep promosi yang baru tersebut kepada masyarakat luas
guna meningkatkan penjualan.
Hal pertama dalam pembuatan konsep promosi ini dijelaskan mengenai
pentingnya brand . Brand adalah elemen yang penting bagi
sebuah perusahaan. Brand disini
adalah “Just Chestnut”. Kemudian mengenai media promosi yang digunakan dalam
mengkomunikasikan tema baru ini, konsep menggunakan patokan dari teori AISAS
(Attention, Interest, Search, Action, Share) sebagai pendukung media yang
digunakan. Untuk visualisasi dalam media Chestnut merk “Just Chestnut” ini
menggunakan gaya ilustrasi dan sedikit fotografi sehingga dapat menarik
perhatian konsumen. Media yang dibuat ini bertujuan untuk menciptakan media
promosi yang efektif untuk menimbulkan brand-image,
dan juga meningkatkan penjualan agar tercapai target standar perusahaan serta
mengedukasi atau mengenalkan kepada masyarakat tentang manfaat dan kandungan
gizi chestnut atau kacang kastanya ini. Adapun Target Audiences chestnut merk “Just Chestnut” dalam perancangan
ini yaitu pria dan wanita yang berusia 15-55 tahun, SES B-A, konsumtif, sadar
akan kesehatan, memiliki banyak relasi dan berada di kota Surabaya.
Melalui perancangan promosi ini chestnut merk “Just Chestnut” memiliki
pesan yakni “Healthy Food, Healthy Life”. Pesan yang akan disampaikan ini
memiliki makna bahwa chestnut merk “Just Chestnut” adalah chestnut yang
tawarkan oleh “Just Chestnut” ini berbeda dengan jenis kacang-kacangan lainnya
dan dengan disajikan secara langsung atau fresh
from the oven sehingga membuat chestnut merk “Just Chestnut” ini sangat
enak dan sesuai dengan konsep dari perancangan promosi ini. Sedangkan media
iklan seperti spanduk, x-banner, neonbox, trans-ad, print-ad dan billboard akan
didesain sesuai dengan tema atau pesan yang disampaikan dengan menggunakan ilustrasi
dan pendekatan secara emosional tentang gaya hidup sehat. Media promosi
chestnut merk “Just Chestnut” ini akan dibuat menggunakan warna putih, kuning
dan juga coklat karena melambangkan kesegaran atau fresh dan kacang itu
sendiri.
Link Jurnal :