Rangkum Jurnal, Tugas Mata Kuliah Desain dan Komunikasi Grafis


Tugas Merangkum Jurnal
Mata Kuliah : Desain dan Komunikasi Grafis
Semester V

“PERANCANGAN MEDIA PROMOSI CHESTNUT  MERK “JUST CHESTNUT” DI SURABAYA”
Oleh : Christiansyah Lawanto, Petrus Gogor Bangsa, Aniendya Christianna

Kacang Chestnut atau Kacang Kastanya ini merupakan tanaman yang banyak tumbuh secara liar di hutan-hutan. Chestnut pada dasarnya mengandung vitamin C, asam folat, lemak tak jenuh tunggal, mineral dan vitamin B-kompleks, dan tentu juga memiliki kalori lebih rendah dibandingkan dengan kacang-kacangan lainnya sehingga dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti mencegah sakit jantung, mencegah kanker, mencegah osteoporosis, dan baik untuk ginjal.

Salah satu yang menjual Chestnut atau Kacang Kastanya ini adalah “Just Chestnut”, ini sudah berdiri sejak tahun 2014 yang dikelola oleh seorang pengusaha Ibu Rini Ariani, di Surabaya terdapat beberapa gerai “Just Chestnut” antara lain di Pasar Atom, Pasar Atom Mall, dan Pakuwon Trade Center. Namun, dilihat dari turunnya volume penjualan serta tidak tercapainya target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan dan juga mulai tutupnya beberapa gerai,  “Just Chestnut” ini mengalami penurunan dalam memasarkan produknya pada beberapa tahun terakhir. Permasalahannya adalah terletak pada tidak efektifnya media promosi yang digunakan, khususnya masyarakat Surabaya sendiri pun sedikit yang mengetahui tentang chestnut merk “Just Chestnut” ini. Oleh karena itu, dibutuhkan media promosi dalam konsep baru yang dapat memberikan edukasi yang kemudian menumbuhkan minat terhadap para target audience. Adapun konsep promosi baru yang diusung ini yaitu “Healthy Food, Healthy Life”. Sangat diperlukan media pendukung promosi dari konsep promosi yang baru tersebut kepada masyarakat luas guna meningkatkan penjualan.

Hal pertama dalam pembuatan konsep promosi ini dijelaskan mengenai pentingnya brand . Brand adalah elemen yang penting bagi sebuah perusahaan. Brand disini adalah “Just Chestnut”. Kemudian mengenai media promosi yang digunakan dalam mengkomunikasikan tema baru ini, konsep menggunakan patokan dari teori AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) sebagai pendukung media yang digunakan. Untuk visualisasi dalam media Chestnut merk “Just Chestnut” ini menggunakan gaya ilustrasi dan sedikit fotografi sehingga dapat menarik perhatian konsumen. Media yang dibuat ini bertujuan untuk menciptakan media promosi yang efektif untuk menimbulkan brand-image, dan juga meningkatkan penjualan agar tercapai target standar perusahaan serta mengedukasi atau mengenalkan kepada masyarakat tentang manfaat dan kandungan gizi chestnut atau kacang kastanya ini. Adapun Target Audiences chestnut merk “Just Chestnut” dalam perancangan ini yaitu pria dan wanita yang berusia 15-55 tahun, SES B-A, konsumtif, sadar akan kesehatan, memiliki banyak relasi dan berada di kota Surabaya.

Melalui perancangan promosi ini chestnut merk “Just Chestnut” memiliki pesan yakni “Healthy Food, Healthy Life”. Pesan yang akan disampaikan ini memiliki makna bahwa chestnut merk “Just Chestnut” adalah chestnut yang tawarkan oleh “Just Chestnut” ini berbeda dengan jenis kacang-kacangan lainnya dan dengan disajikan secara langsung atau fresh from the oven sehingga membuat chestnut merk “Just Chestnut” ini sangat enak dan sesuai dengan konsep dari perancangan promosi ini. Sedangkan media iklan seperti spanduk, x-banner, neonbox, trans-ad, print-ad dan billboard akan didesain sesuai dengan tema atau pesan yang disampaikan dengan menggunakan ilustrasi dan pendekatan secara emosional tentang gaya hidup sehat. Media promosi chestnut merk “Just Chestnut” ini akan dibuat menggunakan warna putih, kuning dan juga coklat karena melambangkan kesegaran atau fresh dan kacang itu sendiri.

Link Jurnal :

Postingan populer dari blog ini

Melihat Kebaikan

Komunikasi Visual: Memahami Bahasa Tanpa Kata

Tumbuhkan Kreatifitas, Mahasiswa Dilatih Menulis dan Desain Grafis